Study Kasus - 6 Cara Mengembangkan Bisnis Clothing

Hay sahabat pebisnis semua, untuk pertama kalinya saya akan berbagi informasi seputar study kasus perjalanan bisnis clothing saya. Tapi mungkin disini saya akan lebih fokus di  pembahas cara mengembangkan bisnis clothing di dunia internet marketing.

Study Kasus Mengembangkan Bisnis Clothing
6 Cara Mengembangkan Bisnis Clothing


Perjalanan bisnis clothing memang sangat sulit untuk di pahami, karena untuk bisa berkembang dan bisa di bilang maju, maka kamu harus bisa beradaptasi dengan perubahan minat dari pada konsumen atau segment oasar kita. Dengan kita mampu beradaptasi maka tidak menutup kemungkinan clothing kita akan bisa di kenal banyak orang dan tidak menutup kemungkinan bahwa brand kaos distro atau brand clothing kita akan banyak menjadi salah satu brand / merk clothing ternama di infonesia.

Untuk bisa mengembangkan bisnis clothing di indonesia dan inilah yang saya lakukan selama ini, sampai saya bisa memiliki bisnis di bidang clothing dan bisa bertahan sampai dengan sekarang.

1. Membangun Personal Branding

Untuk mampu menjual sebuah produk di pasaran, maka kita harus mampu dan memahami yang namanya personal branding, orang akan melihat siapa yang menjual barang dan apakah orang tersebut dapat di percaya atau tidak ?

Maka dari itu yang namanya personal branding itu perlu dalam bisnis clothing, sebenarnya untuk personal branding itu sendiri bisa di terapkan dalam berbagai bisnis, dan salah satunya bisnis clothing, maka dari itu coba lah untuk belajar yang namanya personal branding.

Baca juga : Apa Itu Personal Branding

Dengan kita menguasai yang namanya ilmu personal branding, maka tidak akan terlalu sulit dalam menjalankan sebuah bisnis, seperti halnya bisnis clothing.

Untuk itu cobalah memahami karakter diri sendiri, dan cobalah untuk kamu bisa di kenal sebagai pemilik bisnis clothing, dengan orang tahu kamu sebagai pebisnis clothing yang rekomended maka tidak menutup kemungkinan mereka akan membeli produk dari kamuk dan bisa juga merekomendasikan bisnis kamu kepada teman, kerabat bahkan keluarga mereka tanpa harus di bayar.

Baca juga : Cara membangun personal branding

2. Branding Bisnis Kamu

Setelah orangnya, maka sekarang giliran produk yang di jualnya terlepas yang di jual bukan bidang clothing. Dan itu yang namanya membranding bisnis kita memerlukan kerja lebih extra, dikarenakan kita harua meyakinkan bagaimana caranya konsumen mempercayai produk kita dan membelinya.

Baca juga : Tips Meyakinkan Calon Pembeli

Setelah brand kita di kenal banyak orang, dan kita juga di kenal sebagai pebisnis di bidang clothing, maka kamu siap untuk menjual produk tanpa harus ragu tidak ada konsumen yang beli.

Karena branding telah di lakukan pada diri sang penjual atau pebisnis, produk kita juga telah di kenal maka dari itu tidak akan sulit untuk menjual produk kita di pasar. Dengan adaya double branding antara personal branding dan branding produk maka tidak sulit untuk menjangkau pasar yang luas dikarenakan telah terbentungnya branding dan konsumen telah awarness atau kenal dengan kita dan produk yang kita jual.

3. Produksi Sesuai Permintaan Pasar

Untuk point ketiga yang saya lakukan dalam membangun bisnis clothing ialah dengan memproduksi sesuai dengan permintaan pasar, jangan terlalu egois di saat produksi produk, karena yang akan membeli produk kita adalah orang lain, jadi coba untuk menyesuaikan produk kita dengan permintaan di pasaran.

Mungkin bisa saja kita membuat sebuah produk clothing dan membuat produk kita beda dari barang yang di pasaran, hanya saja mungkin untuk bisa berkembang memerlukan waktu yang cukup lama, karena kita harus melakukan edukasi terhadap market terlebih dahulu.

Maka dari itu cobalah untuk membuat produk sesuai dengan permintaan market atau pasar terlebih dahulu, misalkan sekaranfg sedang booming yang nmanya jaket bomber maka cobalah untuk membuat produk clothing jaket bomber dan berikan aksen branding atau logo brand pada jaket tersebut, sehingga kita tidak menghilangkan ciri khas sekaligus kita memenuhi permintaan pasar.

4. Menjalin Kerjasama

Setelah dirasa kita memiliki produk yang sudah mampu di terima pasar atau konsumen, langkah selanjutnya ialah dengan cara menjalin kerjasama, di antaranya ;
  1. Menjalin kerjasama dengan para suplayer clothing.
  2. Bekerjasama dengan store store clothing di indonesia dengan system konsinyasi atau yang lainnya.
  3.  Membangun keagenan resmi.
  4. Membuat system Reseller dan Dropshipper.
  5. Kolaborasi dengan brand lain
  6. Dan masih banyak lagi yang lainnya.
Dengan menjalin kerjasama dengan beberapa pihak maka bisnis clothing kita akan menjadi semakin maju dan berkembang, sampai tidak menutup kemungkinan bahwasannya bisnis kita akan semakin di kenal banyak orang dan mencakup pangsa pasar yang  luas dan tertarget.

Mulai sekarang cobalah untuk mencari patner bisnis yang memang sudah bisa anda percaya dan memiliki satu misi dan visi yang sama sehingga kerjasama yang di rencanakan bisa berjalan dengan baik dan berujung pada tindakan positif dan memberikan benefit yang bagus.

5. Membangun team bisnis

Dengan bisnis kita telah di kenal banyak orang dan juga kita telah menjalin kerjasama dengan banyak orang maka tidak mungkin bisnis ini akan di pegang oleh kita sendiri, maka dari itu bisnis ini memerlukan yang namanya team dan jangan sampai bisnis yang di jalankan tersendak dan tidak berjalan karena kekurangan sumber daya manusianya.

Dikala bisnis kamu telah berkembang maka cobalah untuk merekrut team, dan sebelum merekrut team maka perhatikan beberapa langkah di bawah ini :
  1. Rekrut team sesuai dengan kebutuhan.
  2. Mencari team yang berkompeten di bbidangnya.
  3. Jangan berikan job double kepada team karena itu akan menghambat kinerja team.
  4. Cari team yang memang memiliki satu visi dengan kita.
Mungkin itu saja sih yang saya lakukan di saat merekrut team, tapi mungkin akan banyak cara lain yang memang juga bisa di lakukan untuk membangun sebuah team, dan yang pasti bangun team yang solid jangan memabngun team yang memang berdiri dan berjalan sendiri sendiri yang pada akhirnya akan membebani pada bisnis kita nantinya.

6. Optimalkan Promosi Binsis Kamu

Untuk mengembangkan bisnis clothing itu sendiri harus mengoptimalkan yang namanya promosi, yang dimana sekarang sudah berbda dengan zaman dulu, waktu dulu saya hanya berpatokan pada brosur yang saya tempel dan saya bagikan kepada calon konsumen, tapi sekarang sudah banyak sekali mediayang bisa kita manfaatkan untuk media promosi diantaranya sosial media.

Untuk bisa terus berkembang kita juga harus mampu beradaptasi dengan yang namanya situasi dan kondisi pasar, maka dari itu dengan zaman nya teknologi maka kita harus juga ikut terjun di bisnis clothing dengan teknik internet marketing.

Coba pikir saja sekarang banyak sekali yang berjualan di sosial media seperti halnya facebook dan instagram, maka dari itu kita perlu juga untuk mengoptimalkan dua sosial media tersebut untuk berjualan, jangan pernah menghiraukan hal sepele seperti ini, banyak bisnis clothing yang sukses hanya dengan berjualan di sosial media.

jadi kamu juga harus bisa memanfaatkannya, dan jangan lupa terus optimalisasi bisnis kamu dengan metode promosi yang sudah ada ataupun trobosan promosi yang kamu buat sendiri, jangan sampai kamu ketinggalan zaman karena kurang update dan tidak mengoptimalkan yang namanya promosi, yang pada akhirnya akan membuat bisnis kamu hancur nantinya.


Nah itulah yang saya lakukan dari dulu hingga sekarang di setiap bisnis yang saya lakukan khusus nya bisnis di bidang clothing, maka dari itu coba kamu pelajari dan pahami tak lupa untuk prkatekan niscaya bisnis clothing kamu bisa maju.

Teman saya bisa mencapai omset 10jt dalam waktu satu bulan dan itu bukan hal yang sulit, maka dari itu coblah untuk memulai nya terlebih dahulu jangan sampai kamu hanya mempelajari dan memikirkannya saja.

Yuk kita ramaikan dunia clothing di indonesia, dan dukung perkembangan dunia clothing original di indonesia dan bantai produk kw / replika atau bajakan ^_^

Oh iya saya juga sedang mengembangkan brand clothing saya yang bernama Fenryl.co dimana sekarang sudah masuk artikel ke tiga, tapi disaat kamu membaca mungkin sudah banyak artikel yang muncul.

Silahkan untuk kamu yang penasaran seperti apa kamu bisa langsung berkujung di official atau patnership dari Fenryl.co itu sendiri :
Instagram = klik disini
Website = klik disini
Whatsapp = klik disini

oh iya bagi kamu yang ingin join sebagai reseller dari brand fenryl.co kalian bisa langsung menghubungi admin via menu contact di tab menu yang telah kami siapkan.

so yuk mulai mengembangkan bisnis clothing dan berjuang untuk meramaikan brand clothing atau bisnis clothing di indonesi, suport terus produk clothing original indonesia untuk bisa masuk ke rancah internasional.

No comments:

Post a Comment