Mengapa Bisnis Online Selalu Gagal

Mungkin banyak orang yang tidak percaya akan kesuksesan di bisnis online, banyak orang yang sukses di bisnis onlinenya, tapi tidak sedikit juga yang gagal dalam menjalankan bisnis online nya.
Banyak sekali pertanyaan mengapa bisnis online gagal ??

mengatasi kegagalan dalam bisnis online


Dan memang yang nama bisnis haruslah memiliki yang namanya ilmu penjualan, bukan hanya ilmu penjualan tapi juga negosiasi terhadap konsumen tentunya.
Selain dari pada itu kita memiliki pekerjaan rumah tambahan untuk menjalankan bisnis online, yaitu cara promosi, pengambilan gambar dan juga masih banyak lagi, sehingga untuk menjalankan bisnis online memerlukan kerja tambahan, di bandingkan bisnis biasa.

Dari sekian lama saya mencari informasi dan juga mengunpulkan data dari berbagai sumber, maka saya dapat menyimpulkan bahwa kegagalan bisnis online di sebabkan oleh beberapa faktor di antaranya sebagai berikut :

1. Terlalu cepat Berjualan
Maksudnya seperti apa ? jadi yang di maksud terlalu cepat disini, kita langsung memposting produk kita di sosial media, toko online, marketpleace dan lain lain, sedangkan kita tidak tahu ilmunya berbisnis online itu seperti apa, maka dengan hal tersebut kita akan mengalami kegagalan, karena terlalu buru-buru dalam melangkah.
Jadi saran saya untuk memulai binis online, cobalah untuk bisa memilih barang yang cocok, melihat lokasi mana yang cocok untuk berjualan apakah itu sosial media atau mungkin iklan baris atau bahkan di marketpleace, ajdi kita tentukan itu terlebih dahulu.

2. Salah Tempat Jualan
Seperti yang di sebutkan di atas, bahwa kita harus tau peroduk kita dan tahu di mana tempat kita berjualan, kita tidak bisa berjualan mobil di marketpleace, sebenarnya bisa tapi itu tidaklah relefan  untuk berjualan di sana.
Dan tidak efisien juga apabila kita berjualan kaos tapi menjualnya di iklan baris, akan lebih optimalnya apabila kita menjual nya di instagram.

Jadi tentukan tempatnya yang memang benar - benar cocok dengan produk yang kita jual, supaya target market kita bisa mengetahui produk yang kita jual.

3. Tidak Konsisten
Kebanyakan orang semangat berjualan hanya di awal - awal dan apabila sudah muali sepi pengunjung mereka akan meninggalkan bisnis mereka secara perlahan, dan itu menjadi salah satu kenapa bisnis online gagal, dan memang untuk bisa sukses di bisnis online kita harus benar - benar ulet, rajin, dan memiki mental yang kuat.
Jangan sampai akun toko online ataupun akun sosial media toko kita menjadi tidak ter-urus dan itu akan menurunkan tingkat kepercayaan konsumen, maka dari itu konsisten adalah salah satu kunci untuk bisa sukses bisnis online.

4. Content Yang Buruk
Dalam bisnis online content adalah nomor satu, kenapa seperti itu ? Karena orang tidak bisa meraba atau menyentuh langsung produk yang kita jual, maka dari itu content yang yang kita buat haruslah yang bisa menyakinkan konsumen supaya mau membeli produk yang kita jual.
Content itu tidak hanya gambar tapi juga tulisan yang anda buat untuk melakukan promosi, maka dari itu cobalah untuk membuat sebuah content yang menarik dan bisa membuat konsumen anda membeli produk yang anda jual.

5. Promosi Yang Kurang Baik
Promosi yang kurang baik itu adalah sebuah penawaran yang memang tidak bisa di pahami oleh konsumen, dan mereka menjadi bingung akan promo yang di tawarkan, untuk bisa membuat sebuah penawaran yang menarik, maka cobalah untuk belajar yang namanya copywriting.
Copywriting itu sendiri adalah ilmu mengolah kata kata yang mudah di pahami dan juga bisa membuat konsumen menjadi secara tidak langsung ingin membeli atrau ingin memiliki produk yang kita jual.

BACA JUGA :
Cara Bangkit Dari Kegagalan Bisnis

Itulah beberapa faktor yang memang mempengaruhi gagalnya bisnis online, walaupun ini hanya sebagian besar, tapi cobalah untuk memperbaiki kelima faktor ini. Apabila anda terlalu banyak menyerap ilmu maka anda akan bingung untuk melakukan hal yang memang di rasa perlu di lakukan.

Jadi kuncinya cobalah untuk memahami produk yang kita jual, cari tempat yang memang berpotensi cepat terjadi penjualan, konsisten dalam berjualan, jangan terburu - buru berjualan  dan cobalan untuk memahami terlebih dahulu cara berjualan online, perbaiki content dan juga penawaran nya.

Jadi tunggu apalagi segera pelajari dan praktekan apabila anda hanya mempelajari tanpa praktek maka jangan harap anda bisa sukses di bisnis online.

No comments:

Post a Comment