Cara Mencari Karyawan Yang Benar

Tips Mencari Calon Pegawai Yang Benar

Baiklah untuk kali ini saya selaku admin di Pebisnis.web.id akan menyampaikan sebuah tips Cara Mencari Karyawan Yang Benar dan ini salah satu pertanyaan yang di ajukan kepada saya melalui email, dan memang untuk kebanyakan pebisnis mengalami hal yang sama dalam hal ini, dan itu perlu kita perhatikan dan perlu kita pelajari selaku pebisnis, jangan sampai salah langkah dalam mencari seorang pegawai atau kayawan.

cara mencari karyawan yangterbaik dan dengan cara yang benar


Sebelum melanjutkan postingan ini, alangkah baiknya untuk mendukung website ini dengan cara klik like pada fanspage kami, dengan cara klik link di bawah ini.
Like Fanspage Kami
Terimakasih atas dukungan kalian, dengan klik like di fanspage kami, maka kamu dapat menerima informasi seputar bisnis dan update dari website ini.

Baiklah lanjut lagi kepada pembahasan kita yaitu " Bagaimana Cara Mencari karyawan atau Calon Pegawai Yang Benar ", banyak orang salah kaprah dalam hal ini, kebanyakan orang akhirnya memberhentikan haryawan mereka karena beberapa sebab misalnya :

  1. Karyawan masih belum punya pengalaman dalam bidang yang kita minta
  2. Karyawan tidak sesuai dengan harapan kita
  3. Karyawan malas dalam bekerja sehingga mempengaruhi produktifitas bisnis kita
  4. Karyawan kurang berkompetent atau bersimpangan dengan bisnis kita
  5. Bisnis Stagnan dan karena terlalu banyak karyawan
  6. Dan masih banyak lagi.
Maka dati itu untuk mencari karyawan atau calon pegawai, maka kita harus atau mesti memperhatikan beberapa faktor terlebih dahulu, jangan sampai asal rekrut dan jangan sampai kita langsung menerima karyawan sembarangan tanpa mengetahui sudut pandang ataupun riwayat dari calon pegawai atau pencari kerja.

Untuk bisa menghindari atas pemecatan karyawan yang memang awalnya kesalahan dari tim kita sendiri, maka perlu di perhatikan beberapa hal di bawah ini :

1. Rekrutlah Karyawan Disaat Yang Tepat
Jangan pernah merekrut seorang karyawan apabila bisnis kita masih biasa saja, atau belum terlalu memerlukan karyawan, yang dimana ini akan berimbas pada melonjaknya biaya oprasinal, dan pada akhirnya bisnis yang kita jalankan tidak memiliki profit yang maksimal.

Maka dari itu berfikirlah dan cobalah untuk menentukan waktu yang tepat untuk bisa merekrut seorang karyawan, dan jangan sampai waktunya salah yang nantinya kita harus mengeluarkan mereka karena kurang produktifnya bisnis kita karena terlalu terbebani akan biaya oprasional.

2. Rekrut Karyawan Sesuai dengan apa yang kita butuhkan
Kebanyakan orang merekrut orang asal asalan dan tidak memperhatikan bagian apa yang kita butuhkan dalam bisnis kita sehingga semua ornag bisa mendaftar dan masuk ke dalam ruang lingkup bisnis kita tanpa ada penyaringan terlebih dahulu.

Dan ini sangat fatal, dan tidak di anjurkan dalam sebuah bisnis, karena dengan ini maka bisnis kita tidak akan bisa berjalan sebagai mana mestinya, dikarenakan kita harus mengajari terlebih dahulu karyawan baru samapai mereka bisa.

Itupun jikalau seorang calon karyawannya memiliki sedikit skill yang sama dengan bisnis kita, apabila sebaliknya maka jangan harap bahwa karyawan tersebut bisa bekerja sebagaimana mestinya.

Jadi untuk merekrut seorang calon karyawan atau calon pegawai yang banr yaitu lihat terlebih dahaulu bagian mana yang kita butuhkan, apakah bagian produksi, pemasaran atau mungkin kita butuh untuk bagian office ? maka carilah mereka yang memiliki skill yang sesuai dengan apa yang kita butuhkan.

3. Pelajari Riwayat Calon Karyawan
Ini juga penting dimana banyak karyawan yang suka pindah pindah perusahaan atau tempat kerja, yang dimana tidak memiliki riwayat bekerja dengan baik, hanya memiliki riwayat kerja dalam tempo waktu bulanan dn langsung pindah ke perusahaan lain atau bisa kita bilang juga sebagai karyawan kutu loncat.

Jangan pernah merekrut karyawan yang seperti itu, karena biasanya karyawan seperti itu tidak mau di menerima tekanan dalam sebuah tugas kerja, dan kebanyakan orangnya yang memang ingin menang sendiri dan ingin senaknya sendiri dalam bekerja, dan ini akan merugikan perusahaan atau bisnis anda.

Maka dari itu penting yang namanya mempelajari riwayat pekerjaan dari seorang calon pegawai atau calon karyawan yang kita rekrut.

4. Interview Sedetail Mungkin 
Ini bertujuan untuk mengetahui latar belakang dari seorang calon pegawai atau calon karyawan, dengan melakukan interview sedetail mungkin maka kita bisa menentukan watak dari seorang calon pegawai atau calon karyawan kita.

Dan dengan ini jugakita bisa memilih calon karyawan yang jauh lebih baik dari yang terbaik, mungkin ini akan memakan waktu yang lama tapi ini akan menjadikan bisnis anda berbeda dan bisa berjalan sesuai dengan harapan.

5. Beritahu Tentang Bisnis Anda Kepada Mereka
Mereka disini adalah calon karyawan atau calon pegawai anda, yang dimana jangan ada yang ditutup tutupi karena dengan anda membicarakan secara terbuka kepada mereka, maka mereka bisa mengetahui prospek bekerja di tempat anda.

Dengan mereka mengetahui tentang profil perusaan, maka akan terlihat mana yang benar niat kerja dan mana yang memang main main dan hanya ingin menang sendiri, bawa mereka kemana titik terendah dan itu akan terlihat mana yang memang serius dalam bekerja.

Sebenarnya masih banyak lagi cara untuk memilih calon pegawai atau calon karyawan yang baik, tapi intinya hanya itu kalau menurut saya,dan mungkin ada yang mau menambahkan bisa langsung komen di bawah.

Untuk ini, memerlukan team atau karyawan yang mempuni di bidang pengrekrutan apabila bisnis kamu masih kecil dan belum memiliki tim ahli maka owner dari bisnis tersebut harus bisa menentukan calon karyawan yang baik dan memang sangat di perlukan oleh anda.

No comments:

Post a Comment