15 Tips Sukses Memulai Bisnis dari Nol sampai Mahir untuk Pemula

Beberapa orang banyak yang sering menanyakan bagaimana cara sukses bangun bisnis dari nol untuk pemula dan bagaimana tips trik nya untuk sukses memulai bisnis.

tips sukses membuat bisnis dari nol untuk pemula


Sebenarnya tips sukses memulai bisnis itu dimulai dari kita selaku pelaku bisnis nya, dan mungkin untuk kali ini kita akan bahas beberapa yang mungkin memang belum di ketahui atau mungkin kamu melewatkan step yang ini.

jadi ini dia Tips Sukses Memulai Bisnis dari Nol sampai Mahir untuk Pemula

1. Fokus Pada Satu Bisnis
Untuk bisa sukses dalam bisnis, maka yang harus kita perhatikan ialah kita harus fokus terlebih dahulu pada satu bisnis, dan bisnis model apa yang akan kita ambil, dengan begitu kita akan mudah mengarahkan bisnis kita akan di bawa kemana.

Jangan sampai bisnis yang kita jalankan, malah goyah gara gara kita tidak fokus dan kita malah tergiur dengan bisnis yang lain yang belum tentu menguntungkan.

Perlu di ingat sebelum kita menentukan ide bisnis maka kita harus fokus terlebih dahulu bisnis model seperti apa yang akan kita ambil.

2. Tentukan Ide Bisnis
Setelah dirasa kita sudah fokus pada model bisnis apa yang akan kita ambil, maka langkah yang harus dilakukan selanjutnya ialah kita harus menentukan ide bisnis atau bisnis apa yang akan kita laksanakan.

Misalkan kita ambil dari hal terdekat, yaitu dari model hoby kamu, dengan kita melaksanakan bisnis dari hal yang kita senangi ( hoby ) maka bisnis yang kita jalankan akan serasa santai dan tidak tertekan, karena itulah yang kita inginkan.

3. Kuasai Semua Tentang Bisnis Kamu
Untuk memulai bisnis, dan setelah kita mengetahui bisnis apa yang akan kita jalankan, maka kita harus sudah menguasai dari A sampai Z bisnis kita.

Dengan kita mengetahui sejauh mana bisnis yang akan kita jalankan, maka kita sama dengan meminimalisir kegagalan dalam sebuah bisnis yang kita jalankan.

4. Survey Tingkat Pesaing
Jangan lupa untuk mengupdate atau survey tingkat persaingan dalam bisnis yang akan kita jalankan, dimana selain dari para kompetitor kita juga harus mengetahui sejauh mana tingkat persangan dari pada barang uang kita jual.

Jangan sampai kita hanya melihat dari sisi kompetitor saja, padahal kompetitor juga tidak mempunyai produk dengan variant yang kita jual.

Jadi terus lakukan survey dari pada tingkat persaiangan karena dengan hal tersebut, kita bisa mengambil sebuah tindakan cepat untuk metode promosi ataupun yang lainnya.

5. Penentuan Lokasi
Setelah semua siap, kita juga harus melihat lokasi yang tepat untuk menjalankan bisnis kita, jangan sampai konsep sudah bagus, barang sudah ready, team penjualan sudah mulai berjalan tapi lokasinya tidak memungkinkan.

Itu akan sangat di sayangkan, karena lokasi yang bagus akan membawa konsumen jauh lebih banyak di bandingkan lokasi yang kurang strategis.

Bahkan tidak menutup kemungkinan dimana lokasi juga menjadi salah satu faktor yang paling penting, banyak orang yang gagal bisnis dan berujung kebangkrutan gara gara lokasi yang kurang mendukung atau kurang strategis.


6. Tingkah dan Prilaku Konsumen
Mungkin ini adalah tahapan di mana kita sudah menjalankan sebuah bisnis yang kita inginkan, ddan ini bisa di sebut sudah masuk ke tahap pertengahan menjalankan bisnis.

Mungkin banyak yang menanyakan kenapa harus mengetahui tingkah dan prilaku dari pada konsumen kita ?

Sebenarnya gampang jawabanya, dimana apabila kita mengetahui tingkah dan prilaku konsumen kita maka kita akan dengan mudah menentukan promosi apa yang bagus, dengan mengetahui prilaku dan tingkah dari pada konsumen kita juga kita bisa menentukan harga jual yang cocok untuk mereka.

7. Lakukan Pemantauan dalam Bisnis mu
Jangan harap bahwa bisnis kita tidak perlu di pantau, bisnis yang kita jalankan akan benar jika di manage dengan benar, jangan sampai bisnis yang sudah susah payah kita bangun hancur gara gara tidak ada pemantauan dalam bisnis tersebut.

Coba manage / pantau keuangan bisnis kamu, jangan sampai ada kebocoran dalam hal oprational atau yang lainnya, bukan hanya itu kita juga harus memantau sejauh mana kemajuan dari bisnis yang kita jalankan dan jangan diam saja ketika bisnis yang kita jalankan mulai stagnan dan tidak bergerak.

Cobalah untuk memulai meng-inovasi bisnis kamu

8. Inovasi Bisnismu
Step yang ini berhubungan dengan step atau cara nomor 7 di atas.

Dengana danya inovasi bisnis maka bisnis yang kita jalankan akan jauh berbeda dengan kompetitor kita, dimana mereka tidak akan sempat etrpikir dan malah ikut ikutan seperti bisnis kita tapi tidak tahu cara nya, dan akhirnya yang akan hancur bisnis nya bukan kamu tapi mereka yang mengikuti jejak kamu tapi tidak tahu caranya.

teruslah berinovasi dalam hal bisnis yang kamu jalankan, entah itu dari promosinya, produknya, atau mugkin dari layout tempat kamu berjualan,karena tempat yang bagus dan nyaman akan lebih enak di pandang bahkan konsumen akan merasakan kenyamanan dan ingin lama lama di toko kamu.

dan itu menjadi nilai tambah untuk bisnis yang  kamu jalankan, jadi jangan patah semangat dan terus berinovasi dengan bisnis yang kamu jalankan. Jangan sampai kompetitor lebih bagus dari bisnis yang kamu jalankan.

9. Tunjukan Hal Unik 
Mungkin bisnis yang sama banyak dan akan terus bermunculan bisnis yang sama dengan bisnis kita, bahkan itu menjadi tingkat kompetitor dan tingkat persaingan menjadi lebih sengit.

Maka dari itu kita perlu yang namanya inovasi dan tunjukan hal unik dari bisnis yang kita jalankan, karena walaupun bisnis yang kita jalankan sama tapi yang unik jarang, maka dari itu cobalah untuk menujukan keunikan dari bisnis yang kita jalankan.

10. Promosi Lebih Rajin
Yang namanya orang memiliki bisnis maka tidak lepas dari yang namanya promosi, karena bisnis tanpa adanya promosi sama saja bohong.

Bahkan sempat saya mendengar bahawa " untuk seorang pebisnis itu tiada hari tanpa jualan " dan itu membuat kita harus rajin untuk terus promosi supaya bisnis yang kita jalankan bisa terus di kenal banyak orang dan terus berkembang.

11. Berusaha Semaximal Mungkin
Jangan berhenti untuk terus berusaha, karena yang namanya bisnis tanpa ada nya dorongan semangat akan terasa berat dan menjadi beban, bahkan akan menjadi pusing dan berujung pada putus asa.

Coaba dahulu, dan terus berusaha semaximal mungkin, karena usaha yang maximal akan membuahkan sebuah hasil yang maximal juga. Jangan pantang menyerah dan cobalah untuk memulai semua dengan ucapan " Bismilah " karena dengan permulaan yang baik dan di barengi dengan kerja yang maximal tidak menutup kemungkinan akan membuahkan sebuah hasil.

12. Berdoa
Setelah kita berusaha semaximal mungkin kita juga harus berdoa, dimana kalau kita hanya berusaha tanpa di barengi dengan berdoa, maka hasilnya hanya akan 50%.

Dengan kita berserah diri kepada sang pencipta, dan meminta pertolongannya niscaya kita akan mendapatkan rezeki yang tak terdukga danyang jelas rezeki yang halal dan berkah.

Jangan sampai kita tergoda akan hal hal yang tidak tidak, dan berujung pada penyesalan di akhirnya. Lebih baik untuk terus berusaha dan berdoa karena itu adalah sebuah mantra yang kuat dan tidak ada tandingannya.

13. Terus Belajar Dari Orang Lain
Mungkin semua orang tidak langsung di takdirkan pintar dalam hal berjualan atau berbisnis, maka dari itu cobalah belajar dengan orang yang tepat dan belajar dari mereka tentang bisnis yang kamu jalankan.

Coba untuk sharing dengan mereka karena dengan sharing tersebut kita akan mendapatkan insight baru untuk bisnis yang kita jalankan.

14. Tahu Kapan Untuk Berhenti Bisnis
Jangan paksakan bisnis yang memang tidak akan bisa berkembang, untuk mengetahui kapan kita harus berhenti ialah dengan membaca laporan bulanan yang kita miliki.

Karena di saat laporan sudah mulai menunjukan penurunana yang sudah tidak bisa di tanggulangi, maka itulah saatnya kita mulai berfikir apakah akan di lanjutkan bisnsi nya atau tidak.

Jangan paksakan bisnis yang memang tidak menguntungkan untuk kamu, kalau memiliki bisnis yang hanya merugikan maka itu akan menjadi malapetaka saja, jadi pahami dan coba berfikir cerdas kapan kita harus berhenti bisnis.

15. Belajar dari Kegagalan
Ini adalah langkah atau cara terakhir, dimana kita jangan sedih dan terpuruk apabila kita mengalami sebuah kegagalaan.

Bahkan ada pepatah yang menyebutkan bahwa " Kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda ", dan itu benar kalau menurut saya di mana kita akan sukses kalau sudah merasakan kegagalan karena kita bisa belajar dari kegagalan tersbut dan memperbaiki kesalahan dalam bisnis kita dan di terapkan di bisnis kita yang baru yang telah kita perbaiki.

Maka hasil yang akan kita peroleh akan berbeda dan itu yang membuat bahwa kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda, jadi jangan menyerah pelajari apa saja yang salah dalam bisnis kita yang gagal, dan jangan ulangi di bisnis kita yang baru.


Mungkin itu 15 Tips Sukses Memulai Bisnis dari Nol sampai Mahir untuk Pemula , semoga dengan postingan ini bisa membuat kalian yang akan memulai bisnis paham, bahwa sebelum memulai bisnis kita harus mengetahui step by step yang harus kita lakukan untuk memulai bisnis, dan untuk membuat bisnis kita sukses kita harus mengetahui terlebih dahulu cara nya.

No comments:

Post a Comment