Apa itu Media Online ?

arti dari pada media online


Nah di era zaman serba teknologi ini banyak bermunculan istilah istilah baru, dan ini juga mulai meranjah ke penyebaran informasi.

Kalau dulu kita kenal dengan media cetak, maka sekarang kita di kenalkan dengan namanya media online.

Mungkin penasaran arti dari pada media online itu sendiri, maka dari itu ini dia pengertian singkat seputar media online.

Media online (online media) adalah media atau saluran komunikasi yang tersaji secara online di situs web (website) internet.

Semua jenis kanal (channel) komunikasi yang ada di internet atau hanya bisa diakses dengan koneksi internet disebut media online.

Istilah media online (online media) menggabungkan dua kata: media dan online.

Secara bahasa (KBBI), media adalah alat atau sarana komunikasi seperti koran, majalah, radio, televisi, film, poster, dan spanduk. Media juga berarti perantara, penghubung, dll.

Online dalam bahasa Indonesia disebut daring –karenanya media online disebut juga media daring.

Daring artinya dalam jaringan, terhubung melalui jejaring komputer, internet, dan sebagainya.

Dengan demikian, secara bahasa, media online atau media daring adalah media dalam jaringan yang terhubung melalui jejaring komputer dan internet.

Pengertian media online secara umum meliputi semua jenis situs web (website) dan aplikasi, termasuk situs berita, situs perusahaan, web lembaga/instansi, situs jualan (e-commerce/online store), media sosial, blog, email, forum, WhatsApp, Line, dll.

Di laman Business Dictionary, media online adalah media digital yang mencakup foto, video, dan musik, yang didistribusikan melalui internet.


Nah bagaimana ? Sekarang sudah paham bukan apa yang di maksud dengan media online, jadi itu lah yang di namakan media online.

Dan perlu di ketahui bahwa sekarang media online menjadi salah satu prospek bisnis terbaru yang mudah di lakukan dan mudah di kerjakan.

Hanya saja yang paling susah dalam hal membuat bisnis media online itu adalah mencari beritanya atau informasi yang memang benar benar kongkrit dan real bukan hoax atau berita palsu.

Bukan hanya mencari berita yang real, tapi kita di tuntut untuk terus update beritanya supaya banyak orang yang membaca di tempat kita, dan akhirnya menjadi banyak orang yang mereferensikan media online kita.

No comments:

Post a Comment