Kesalahan Dalam Konveksi Kaos Distro

kesalahan yang sering di lakukan dalam bisnis konveksi
Konveksi Kaos Distro

Pebisnis.web.id
- Sudah lama juga terhitung dari tanggal 7 kemarin saya tidak posting di website ini, dikarenakan banyaknya kegiatan yang tidak bisa saya tinggalkan, karena di tuntutan dari pada kewajiban saya disana, dan itu juga penting dalam sebuah bisnis kita perlu yang namanya melaksanakan sebuah kewajiban kita selaku pebisnis misalkan seperti promosi harian, posting di sosial media, mengkondisikan produksi, atau pun cuman sekedar cek ketersediaan barang di gudang kita.

Dan itu semua harus kita lakukan dan jangan sampai itu di lewati, karena dengan kita mengerjakan itu semua, maka kita akan mulai terbiasa dengan system yang kita jalankan dalam sebuah bisnis tersebut.

Balik lagi ke pembahasan kita yaitu Kesalahan Dalam Konveksi Kaos Distro , kenapa saya membahas masalah ini, karena baru saja saya mengalami hal yang memang sangat merugikan di dalam hal waktu dan juga efisiensi dan bahkan materi, tapi memang ini menjadi pelajaran tersendiri untuk bisa berkembang dalam sebuah bisnis kita.

Baca Juga : Peluang Bisnis Clothing Tanpa Ribet

Ada beberapa kesalahan dalam konveksi kaos distro yang harus kita pahami selaku pebisnis clothing atau pebisnis kaos distro, Mungkin kamu juga pernah mengalami hal ini baik sebagai owner kaos distro atau owner dari pihak konveksi itu sendiri, hanya saja apabila kamu sebagai owner dari konveksi, maka coba untuk berubah dan berfikir bagaimana cara mengatasi hal tersebut.

Kesalahan yang sering di lakukan konveksi kaos distro saat menerima orderan

1. Harga Produksi Naik Kualitas Jadi Turun
Banyak sekali konveksi yang mengeluhkan akan harga produksi bahan baku ataupun produk pendukung lain yang mengalami penaikan harga sehingga mau tidak mau harga produksi mengikuti, tapi dari pihak konsumen mengeluhkan akan kenaikan harga. 

Dan kebanyakan konveksi akhirnya menurunkan kualitas produksi dan mengamankan harga yang sama tanpa memperdulikan kualitas produksinya, yang pada akhirnya membuat banyak konsumen kecewa.

Padahal itu sangat tidak di anjurkan, walaupun banyak konsumen yang mengeluhkan akan kenaikan harga tapi tidak sedikit juga konsumen yang mengetahui posisi akan di produksi yang harus menyesuaikan harga dengan kualitas, so jangan sampai menurunkan kualitas hanya karena ingin mengejar konsumen.

2. Human Error
Human error ini sangat sering di temukan di konveksi, yang dimana kesalahan terletak pada SDM ( Sumber daya Manusia )nya itu sendiri, baik dari kelalaian ataupun yang lainnya yang membuat konveksi tidak berjalan sesuai dengan semestinya.

Human error juga berpengaruh pada pelayanan dan juga produksi itu sendiri maka dari itu, apabila terjadi human error maka SDM nya harus mulai di rombak dan di perbaiki atau mungkin  mengadakan sedikit rapat kecil atara karyawan dengan owner dari konveksi itu sendiri, guna meningkankan kualitas produksi dan meminimalisir human error.

3. Yang Kerja Tidak Sesuai Dengan Skill
Ini sering terjadi juga di bidang bisnis konveksi kebanyakan merekrut karyawan tidak sesuai dengan skill yang pada akhirnya kerjaan menjadi berantakan.

Orang yang harusnya potong bahan, setidak nya memiliki keahlian sedikit besarnya di bidang membuat pola dan size chart yang ada akhirnya bisa memaksimalin bahan yang di pergunakan, bukan malah sebaliknya.

Tukan sablon di paksa untuk membuat setting desain padahal skill yang dia miliki hanya menyablon itu mengakibatkan kualitas menurun, bahkan tukang sablon yang biasa main sablon water base di tuntut untuk sablon discharge padahal dia tidak bisa akhirnya hasilnya menjadi berantakan.

so rekrut orang yang benar benar sudah paham akan skill mereka dan coba untuk sesuikan sebelum merekrut orang bahwa apa yang sebenarnya kita butuhkan, dan itu yang akan kita rekrut.

4. Kesalahan yang di paksa naik produksi
Maksud dari point ini adalah dimana ada kesalahan di size chart yang pada akhirnya membuat ukuran menjadi berantakan tapi malah tetap naik produksi, salah warna sablon tapi akhirnya malah tetap naik jahit, kesalahan pada warna kaos tapi tetap di jadikan kaos.

Ini yang membuat konsumen menajdi geram dan tidak tahan akan pelayanan yang di berikan oleh tempat produksi, so untuk para pengusaha konveksi tolong untuk membuat QC yang benar benar bisa di percaya dan bisa memgang amanah dari pada kosumen.

Baca Juga : Study Kasus - 6 Cara Mengembangkan Bisnis Clothing

nah mungkin itu 4 kesalahan yang serigng di lakukan dalam konveksi kaos distro, atau mungkin ada yang prnah mengalami hal lain ??
Silahkan untuk berbagi informasi nya di kolom komentar.

No comments:

Post a Comment